Minggu, 02 Mei 2010

ORGANISASI DI MATA MASYARAKAT

Organisasi adalah beberapa orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Namun sayang, banyak dari mereka yang tidak paham apa itu organisasi.
Organisasi tidak hanya sekedar ”berkumpul” untuk mencapai tujuan bersama. Tetapi banyak hal yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan bersama tersebut.”Dalam organisasi itu butuh kerjasama kepemimpinan”. Jika tidak ada kerjasama kepemimpinan yang baik maka organisasi tidak akan eksis.
Selain itu, dalam organisasi butuh orang-orang yang militan, loyal dan punya kekuatan ruhiyah. Dalam QS. Al-’Asr:1-3, Allah bersabda :
”Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, dan nasihat-menasihati supaya menaati kebenaran, dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran”.
Dan yang lebih penting lagi, dalam organisasi dibutuhkan visi, misi, dan tujuan yang jelas.
Sebenarnya, penting ngga’ sih mahasiswa aktif dalam organisasi?
Dari beberapa orang yang kami wawancarai, sepakat bahwa aktif dalam organisasi sangat penting bagi mahasiswa karena bisa menambah pengalaman dan wawasan.
Mahasiswa perlu berorganisasi agar mengetahui kehidupan luar (bersosialisasi) dan diharapkan bisa melatih mahasiswa agar tidak egois atau mementingkan diri sendiri.
Memang benar, karena dengan organisasi terutama organisasi kampus, dapat memberikan kontribusi kebaikan yaitu dengan menilai sejauh mana kualitas ruhiyah, ma’nawiyah, komitmen, tadhiyyah serta keikhlasan amal kita, dan sejauh mana kampus mendukung kegiatan kita disamping persaingan dengan kampus lainnya.
Bahkan ada yang berpendapat, jika di kampus tidak ada organisasi, maka siapa yang akan ngadain acara/kegiatan? Jelas immposible bukan?
Lantas pertanyaannya sekarang, siapakah yang akan masuk dan aktif dalam organisasi kampus? Jika bukan KITA, siapa lagi??!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar